Cara Mendaftar Google Adsense – Berbagai Informasi

Untuk mendaftar program Google Adsense, Anda bisa langsung mendaftarkan website atau blog di situs Adsense http://www.google.com/adsense secara langsung. Namun, mendaftar program Google Adsense melalui website atau blog tidak semudah dulu, banyak orang mencoba mendaftar Adsense secara langsung, namun website atau blog mereka sering ditolak karena dianggap tidak memenuhi syarat. Persyaratan.

Cara membuat akun Google Adsense memang bisa dikatakan mudah dan sulit. Karena banyak orang yang beranggapan bahwa mendaftar program Google Adsense cukup mudah dan banyak juga yang mengatakan bahwa mendaftar program Google Adsense itu sangat sulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena kami akan menjelaskan rahasia cara termudah mendaftar program Google Adsense.

Buat Akun Adsense Melalui Youtube

Kami yakin Anda sudah tahu apa itu youtube. Namun sedikit orang yang mengetahui dan memahami bahwa youtube dapat menghasilkan uang dan dapat digunakan untuk mendaftar google adsense. Banyak orang yang hanya mengetahui cara mendaftar Google Adsense melalui website atau blog. Padahal, cara mendaftar google adsense melalui website atau blog cukup sulit. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan rahasia cara termudah mendaftar program Google Adsense, yaitu mendaftar Google Adsense melalui YouTube. Berikut ini adalah langkah-langkah mendaftar google adsense melalui youtube.

Langkah 1: Membuat Saluran

Untuk Gabung di youtube, anda harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. jika anda belum memiliki akun gmail, silahkan daftar disini http://gmail.com. Setelah Anda memiliki akun gmail, silakan masuk ke http://youtube.com menggunakan email dan kata sandi akun Google. Setelah login ke Youtube, langkah selanjutnya adalah setting “Video Manager” pada akun Youtube. Perhatikan gambar tampilan akun youtube dibawah ini, pada gambar kanan atas terdapat gambar profil anda, kemudian klik maka akan muncul menu akun youtube, kemudian klik menu “Creator Studio” seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah.

Tangkapan layar 1
Gambar 1

Jika sudah klik menu “Creator Studio” maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut :

Tangkapan layar_2
Gambar 2

Buat saluran dengan mengklik “Buat saluran” seperti yang ditunjukkan oleh panah. Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.

Tangkapan layar_3
Gambar 3

Isi nama Anda, lalu jenis kelamin Anda (Gender) dan tanggal lahir Anda (Ulang Tahun). Jika sudah maka klik “Lanjutkan”.

Note : Jika tidak ada tampilan seperti gambar diatas, maka upload saja videonya, karena tampilan akun youtubenya sering berubah-ubah.

Langkah 2: Unggah Video ke Youtube

Langkah kedua adalah mengupload beberapa video ke youtube, sebaiknya upload minimal 3 video terlebih dahulu. Perhatikan gambar berikut:

Tangkapan layar_4
Gambar 4

Klik “Unggah” seperti yang ditunjukkan oleh panah, lalu klik “Pilih file untuk diunggah” dan mulailah mengunggah file video dari komputer Anda. Saat mengunggah video, silahkan isi dengan judul video atau “Judul” video, kemudian deskripsi video “Deskripsi”, dan juga “Tag” diisi dengan kata kunci yang sesuai dengan deskripsi video yang Anda unggah. Setelah selesai, klik “Simpan”. Video yang diizinkan untuk diunggah ke YouTube adalah video yang tidak melanggar hak cipta dan sebaiknya milik Anda sendiri. Misalnya video cara membuat kue atau video cara memakai kerudung atau hal lain yang bisa dilakukan. Mudah bukan?

Langkah 3: Monetisasi Video

Setelah Anda mengunggah video, langkah selanjutnya adalah memonetisasi (Monetisasi) video yang telah Anda unggah. Caranya anda harus kembali ke menu “Creator Studio” dan klik menu “Channel”. Perhatikan gambarnya
dibawah ini:

Tangkapan layar_5
Gambar 5

Lihat gambar di atas, jika sudah masuk ke menu “Channel > Status and Features” lalu cari fitur “Monetization” lalu klik “Enable” seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut :

Tangkapan layar_6
Gambar 6

Kemudian klik “Enable My Account” dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut:

Tangkapan layar_7
Gambar 7

Jika sudah muncul maka centang/checklist semua kolom yang ada seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah, lalu klik “I accept”, dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut :

Tangkapan layar_8
Angka 8

Kemudian checklist seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah lalu klik “Monetize”, dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut :

Tangkapan layar_9
Gambar 9

Kemudian klik “Mengerti”.

Sampai tahap ini berarti Anda hampir selesai membuat akun Google Adsense, dan video yang Anda unggah saat ini sedang dalam peninjauan oleh Google.

Tangkapan layar_10
Gambar 10

Perhatikan tanda panah merah pada gambar di atas, ada simbol tanda tanya berwarna hijau (?), artinya settingan Adsense di akun youtube anda sudah benar, namun masih dalam status “Under review” atau masih
dicek oleh Google apakah video tersebut layak untuk diterima atau tidak. Anda harus menunggu beberapa jam sebelum diterima, jika sudah satu jam maka reload/refresh atau buka kembali halaman Youtube. Biasanya setelah beberapa jam status “Under Review” akan berubah menjadi status “Monetize” seperti terlihat pada gambar berikut:

Tangkapan layar_11
Gambar 11

Jika sudah, langkah selanjutnya klik menu “Channel” lagi. Jika langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan dengan benar, maka tampilan akun Youtube pada menu “Status and features” akan terlihat seperti contoh gambar berikut:

Tangkapan layar_12
Gambar 12

Dapat dilihat pada gambar di atas bahwa fitur “Monetisasi” berubah status menjadi aktif (lingkaran hijau) seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah.

Langkah 4: Hubungkan Youtube dengan Akun Google Adsense

Untuk menggabungkan youtube dengan google adsense, langkahnya klik menu “Monetisasi”. Perhatikan tanda panah pada gambar di bawah ini:

Tangkapan layar_13
Gambar 13

Jika demikian, maka klik “Bagaimana saya akan dibayar?” lalu klik “associate an AdSense account” dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut :

Tangkapan layar_14
Gambar 14

Kemudian klik “Next” dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

Tangkapan layar_15
Gambar 15 Gambar

Jika sudah muncul maka klik “Yes, continue to Google Account sign in” atau klik “Yes, use” [email protected]”, dan akan muncul tampilan seperti gambar berikut:

Tangkapan layar_16
Gambar 16 Gambar

Di bagian “Bahasa konten”, pilih bahasa sesuai dengan bahasa video Anda. Jika Indonesia, maka pilihlah bahasa Indonesia. Jika sudah maka klik “Lanjutkan”. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :

Tangkapan layar_17
Gambar 17

Isi semua kolom sesuai dengan data pribadi Anda.

Setelah proses “submit my application”, Anda akan kembali ke tampilan akun youtube seperti gambar di bawah ini:

Tangkapan layar_18
Gambar 18

Dari gambar di atas terlihat bahwa akun Adsense Anda telah terdaftar dan sedang diperiksa oleh tim Google Adsense yang mungkin memakan waktu hingga beberapa jam, beberapa hari atau bahkan hingga seminggu. Nanti jika proses review telah selesai dan pendaftaran Adsense Anda diterima, Anda akan menerima email notifikasi ke alamat email Gmail Anda, jadi sering-seringlah membuka email tersebut.

Jika pendaftaran Adsense Anda diterima, maka Anda akan mendapatkan email yang isinya kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Tangkapan layar_19
Gambar 19

Setelah itu silahkan login ke http://www.google.com/adsense dan anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut :

Tangkapan layar_20
Gambar 20 Gambar

Kemudian scroll ke bawah, lalu pilih “Yes I have read and accept the above Terms and Conditions”, lalu klik “Continue to my Adsense Account” dan anda akan masuk ke halaman utama akun Google Adsense, tampilannya seperti gambar berikut:

Tangkapan layar_21
Gambar 21

Jika Anda sudah sampai pada tahap ini, saya ucapkan selamat karena Anda telah berhasil memiliki Akun Google Adsense yang aktif.

Sumber : https://duniaq.com/cara-mendaftar-google-adsense/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *