Cara Meneliti Kata Kunci dengan Perencana Kata Kunci

Pemilihan topik yang tepat dapat memperjelas konten apa yang akan dimasukkan dalam blog dan pengunjung blog seperti apa yang akan dibidik, sedangkan konten blog adalah urat nadi sebuah blog, banyak blogger sukses yang mengatakan bahwa konten adalah raja yang artinya konten blog itulah yang membuat blog sukses. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian kata kunci (penelitian kata kunci) terlebih dahulu agar konten yang kita buat sesuai dengan target pengunjung yang kita inginkan.

Riset kata kunci sangat penting untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita. Jika konten yang kita buat tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada umumnya, maka kemungkinan besar blog kita akan sepi dari pengunjung. Namun, ada pertanyaan besar bagi pemula “bagaimana melakukan riset kata kunci?”

Daftar ke Google Adword

Untuk memulai penelitian kata kunci, silakan kunjungi situs web Perencana Kata Kunci Google Adwords, untuk masuk ke situs Google Adwords cukup gunakan nama pengguna dan kata sandi yang sama digunakan untuk Gabung ke Akun Google/Gmail Anda. Jika Anda belum memiliki akun Adwords, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu, berikut caranya.

Langkah pertama

Silakan buka http://adwords.google.com, lalu masukkan nama pengguna dan kata sandi Akun Google Anda, setelah Gabung Masuk ke Google Adwords, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

google adsense
Langkah Pertama Daftar Google Adwords

Tahap kedua

Untuk pengaturan “Negara” pilih dengan “Indonesia”, lalu untuk “Zona waktu” pilih “(GMT+07:00)” Jakarta. Kemudian untuk pengaturan “Mata uang” pilih saja “Dolar AS (USD $)”. Jika sudah, klik “Simpan & Lanjutkan”. Maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :

perencana kata kunci google adwords
Langkah Kedua Daftar Google Adwords

Sampai disini saya mengucapkan SELAMAT, artinya anda telah berhasil mendaftar dan memiliki akun Google Adwords.

Riset Kata Kunci

Ketika Anda telah mendaftar dan memiliki akun Google Adwords, Anda hanya tinggal beberapa langkah lagi untuk dapat melakukan riset kata kunci. Karena riset kata kunci akan dilakukan di Google Adwords. Berikut adalah langkah-langkah dalam riset kata kunci untuk konten blog Anda di Google Adwords.

Langkah pertama

Setelah Anda mendaftar dan sudah memiliki akun Google Adwords, Anda tinggal masuk ke menu Perencana Kata Kunci. Berikut tampilan menu tampilan Perencana Kata Kunci di Google Adwords:

alat di google adwords
Gunakan Alat Alat Perencana Kata Kunci

Tahap kedua

Langkah selanjutnya klik “Telusuri kata kunci dan ide grup iklan” seperti yang ditunjukkan oleh panah merah pada gambar di atas, dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

Kata Kunci Target
Contoh Penggunaan Kata Kunci Interior Rumah

Di kolom “Produk atau layanan Anda” isikan kata kunci yang ingin Anda targetkan. Pada contoh di atas saya menggunakan kata kunci “Interior rumah“karena saya akan membuat blog yang berisi artikel tentang informasi Interior rumah.

Kemudian untuk pengaturan”Target“Karena contoh kata kunci yang akan saya teliti adalah bahasa Indonesia, saya pilih”Indonesia” dan “Bahasa Indonesia”. Jika kata kunci yang akan Anda teliti dalam bahasa Inggris, pilih saja negaranya “Amerika Serikat” dan pilih bahasa “Inggris

Untuk pengaturan”Filter Kata Kunci” di “Kompetisi“pilih pada”Rendah“Tujuan memilihRendahArtinya, agar keyword atau kata kunci yang muncul adalah kata kunci yang memiliki persaingan sedikit, sehingga akan mudah untuk mendapatkan trafik pengunjung blog yang banyak dari search engine dan kemungkinan mendapatkan klik Adsense yang lebih banyak. Kemudian untuk setting”Opsi Kata Kunci“, pilihan “Hanya tampilkan ide yang terkait erat dengan istilah penelusuran sayaset dengan persyaratan”DI”, jadi hanya kata kunci Hanya yang relevan yang akan muncul dalam data.

Jika semuanya ada di pengaturan lalu klik “Dapatkan ide”, maka akan muncul banyak data kata kunci turunan terkait dengan kata kunci sasaran utama Anda. Selain kata kunci turunannya, anda juga bisa melihat data rata-rata jumlah pencarian di google untuk kata kunci tersebut, tampilannya seperti gambar dibawah ini :

Ide Kata Kunci
Pilih pada menu “Ide kata kunci” agar lebih banyak kata kunci yang muncul
relevan dengan kata kunci target utama

Pilih pada menu”Ide kata kunci” yang seperti itu kata kunci yang tampil lebih relevan dengan kata kunci target utama. Dapat dilihat pada gambar diatas bahwa beberapa kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci “Interior rumah” sebagai “desain interior rumah minimalis“,”interior rumah minimalis“, “rancangan interior rumah“, dll.

Selain itu, Anda juga dapat melihat informasi “Rata-rata Pencarian bulanan” yang merupakan gambaran perkiraan jumlah pencarian kata kunci dalam satu bulan. Kemudian informasiTawaran yang Disarankan” adalah taksiran nilai iklan/per-klik. Kemudian informasi “Persaingan” yang merupakan perkiraan persaingan iklan di jaringan Iklan Google.

Sampai tahap ini, pilih salah satu kata kunci/keyword yang ingin dijadikan topik blog, terserah Anda untuk memilih mana yang sesuai dengan kemampuan Anda. Misalnya dalam contoh ini saya akan memilih kata kunciinterior rumah minimalisSeperti terlihat pada gambar di atas, terlihat bahwa kata kunci tersebut memiliki rata-rata jumlah pencarian yang cukup besar yaitu 8100/Bulan, persaingannya rendah dan estimasi biaya per kliknya adalah $0,18.

catatan: Data di atas hanya sebagai contoh saja, saat Anda melihatnya di komputer, data tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Setelah memilih salah satu kata kunci yang akan dijadikan topik blog, langkah selanjutnya adalah membuat blog, misalnya dalam contoh ini saya mengambil topik dan kata kunci “interior rumah minimalis” lalu buat blog dengan alamat URL yang mengandung kata kunci tersebut, misalnya http://interior rumah minimalis.com.

Jika sudah membuat blog, langkah selanjutnya adalah membuat konten blog berupa artikel. Untuk mendapatkan ide membuat artikel blog, Anda bisa merujuk pada hasil riset kata kunci. Masukkan kata kunci “interior rumah minimalis” di Perencana Kata Kunci, sehingga diperoleh ide kata kunci atau kata kunci turunan yang nantinya bisa Anda buat menjadi beberapa judul artikel blog. Perhatikan gambar berikut:

Judul artikel
Menggunakan Kata Kunci Derivatif untuk Digunakan sebagai Judul Artikel

Dapat dilihat pada gambar diatas, didapat kata kunci yang berasal dari kata kunci “interior rumah minimalis” seperti “desain interior rumah minimalis”, “desain interior rumah minimalis”, “interior rumah minimalis modern”, dan lain-lain.

Kata kunci itu disebut kata kunci ekor panjang, dan dapat digunakan sebagai ide untuk membuat topik posting blog atau dijadikan sebagai judul artikel yang ditargetkan. Ambil semua kata kunci turunan dan Anda membuat ide judul posting blog atau langsung menggunakannya sebagai judul artikel.

Dengan membuat judul artikel berdasarkan hasil riset kata kunci seperti ini maka target pengunjung akan lebih jelas, misalnya jika ada yang mencari kata kunci “interior rumah minimalis modernDi mesin pencari Google, maka artikel blog Anda kemungkinan besar akan muncul di halaman mesin pencari Google, sehingga blog Anda akan dikunjungi oleh pengunjung yang ditargetkan. Pengunjung blog yang ditargetkan akan menghasilkan konversi klik yang lebih tinggi daripada pengunjung blog yang tidak ditargetkan.

Kemudian karena contoh blog berisi informasi tentang “interior rumah minimalis“, maka iklan Adsense yang muncul adalah iklan yang berhubungan dengan topik”interior rumah minimalis“, sehingga pengunjung yang datang ke blog interior rumah minimalis kemungkinan besar akan mengklik iklan Adsense, karena mereka mencari informasi terkait “interior rumah minimalis

Kiat: Agar Anda bisa lebih mahir dalam melakukan riset kata kunci di Google Keyword Planner, Anda harus sering mengutak-atik tool tersebut. Silakan gunakan untuk riset kata kunci sesuai dengan topik blog yang Anda inginkan. Riset kata kunci adalah hal mendasar dalam bisnis berbasis internet, dan Google Keyword Planner adalah alat yang sangat berguna, jadi jangan malas untuk mempelajarinya untuk mendapatkan banyak ide.

Sumber : https://duniaq.com/cara-riset-kata-kunci-dengan-keyword-planner/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *