Cara Mengirim Aplikasi Email dengan Mudah (+Contoh)

Di sini, Anda dapat mempelajari cara mengirim lamaran melalui email ke perusahaan atau instansi yang Anda tuju.

Di era teknologi saat ini, banyak hal yang mulai dilakukan secara online.

Salah satunya dengan mengirimkan lamaran kerja.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara mengirim lamaran melalui email, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Secara umum, langkah-langkah pengiriman lamaran melalui email adalah sebagai berikut:

  1. Kumpulkan File Persyaratan
  2. Konversikan File Cetakan Ke PDF
  3. Buat atau Gunakan Email Profesional
  4. Perhatikan Waktu Pengiriman
  5. Masuk ke Gmail
  6. Pilih Menu Tulis/Tulis Menu
  7. Isi Alamat Email
  8. Isi Subjek Email
  9. Isi Email Isi
  10. Lampirkan File Persyaratan
  11. Periksa Alamat, Subjek dan Isi Email Isi Double
  12. Persyaratan Periksa Ganda
  13. Mengajukan permohonan

Berikut penjelasan lengkapnya!

cara kirim lamaran lewat email

Fase persiapan

1. Kumpulkan File Persyaratan

Hal pertama yang harus Anda lakukan tentunya adalah membaca informasi lowongan kerja lengkap yang Anda dapatkan dan mempersiapkan persyaratannya.

Jika lowongan tidak menyertakan persyaratan, maka Anda dapat mengumpulkan file-file penting berikut:

2. Konversi File Cetakan Ke PDF

Setelah file-file yang dibutuhkan terkumpul, langkah selanjutnya adalah mengkonversi file-file tersebut ke dalam bentuk digital.

Umumnya format file yang digunakan adalah PDF.

Jadi, pastikan Anda memindai file-file ini dan mengubahnya menjadi PDF.

Namun, mungkin ada beberapa pemindai yang menyimpan file dalam format lain seperti JPG, PNG, atau DOCX.

Jika demikian, Anda dapat langsung mengonversi file ke PDF dengan MS Word atau alat konversi online seperti SmallPDF, dll.

3. Buat atau Gunakan Email Profesional

Bagian yang sama pentingnya adalah menggunakan email profesional.

Apa artinya?

Jadi, ketika Anda melamar pekerjaan melalui email, pastikan nama email yang Anda gunakan jelas dan sesuai dengan identitas Anda.

Contoh penggunaan nama email yang benar dan salah adalah sebagai berikut:

Baik:

salah:

4. Perhatikan Waktu Pengiriman

Waktu pengiriman email juga harus dipersiapkan dengan matang. Pastikan Anda mengirim email pada waktu yang tepat.

Hanya karena email buka 24 jam nonstop, bukan berarti Anda bisa mengirimkannya pada jam 12 malam, atau saat orang sedang tidur.

Rekomendasinya, kirim email pada jam kerja perusahaan, umumnya jam 08.00 – 14.00 (atau dapat disesuaikan).

Tahap Pengiriman

Setelah persiapan selesai, maka Anda bisa langsung melakukan proses pengiriman dengan langkah-langkah sebagai berikut:

5. Masuk ke Gmail

Dalam contoh ini, email yang digunakan adalah Gmail.

Untuk mengaksesnya silahkan buka browser, lalu akses alamat google.com/mail.

Masuk menggunakan email dan kata sandi Anda.

halaman login email gmail

6. Pilih menu Tulis/Tulis

Setelah berhasil login, silahkan pilih menu Compose/Write dengan memilih tombol di sebelah kiri bawah ini:

menu tulis atau tulis di email

Tunggu beberapa saat hingga muncul pop-up untuk menulis email.

7. Isi Alamat Email Perusahaan

Di bagian penerima, masukkan alamat email perusahaan atau agensi tempat Anda melamar pekerjaan.

Mohon diperhatikan penulisan emailnya, pastikan tidak ada kesalahan penulisan agar email yang Anda kirim benar-benar sampai ke alamat tujuan.

contoh pengisian alamat email perusahaan

8. Isi Subjek/Judul Email

Selanjutnya, isi subjek email. Subjek adalah salah satu bagian yang paling penting, karena bagian ini adalah yang pertama kali muncul di kotak masuk email.

Biasanya, beberapa perusahaan atau lembaga memiliki ketentuan tertentu untuk membebankan subjek.

Namun, jika tidak ada syarat, Anda tetap harus mengisi kolom ini.

Jangan kosong!

Jika tidak ada ketentuan subjek, Anda dapat mengisinya dengan format berikut:

Aplikasi [Posisi yang dilamar] – [Nama Lengkap]

Contoh:

Aplikasi Manajer Keuangan – Rizky Pratama

contoh subject email lamaran kerja job

9. Isi Body/Isi Email

Selanjutnya isi body/isi email. Bagian ini adalah bagian inti dari aplikasi Anda.

Jika tidak ada aturan khusus dari perusahaan dalam penulisan badan email, Anda dapat menggunakan format berikut:

[Salam Pembuka]

[Isi surat yang meliputi: perkenalan diri, pekerjaan yang hendak dilamar, dari mana memperoleh informasi lowongan]

[Ucapan Terima Kasih]

[Salam Penutup]

[Nama Pelamar]

Contoh Isi Email:

contoh isi email untuk melamar pekerjaan

Versi Teks:

Salam, Perkenalkan, saya Rizky Pratama. Saya sangat tertarik dengan lowongan kerja Manajemen Keuangan yang diposting pada 03 Maret 2020 di website xyz.com.

Deskripsi pekerjaan yang tercantum sesuai dengan pengalaman saya. Saya sangat antusias melampirkan resume untuk dipertimbangkan.

Berikut saya lampirkan surat lamaran, CV, scan KTP, Ijazah, serta sertifikat dan pas foto. Jika ada hal lain yang ingin Anda ketahui lebih lanjut, silakan hubungi saya.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Salam,

Rizky Pratama

[No Telepon]

10. Lampirkan File Persyaratan

Setelah mengisi kolom Penerima, Subjek, dan Badan, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melampirkan file persyaratan.

Cara melampirkan file yang sudah anda siapkan sebelumnya adalah sebagai berikut :

Pilih Ikon Lampiran di bagian bawah (lihat gambar)

ikon untuk mengunggah file lampiran email

Pilih file yang ingin Anda upload, Anda dapat memilihnya satu per satu atau memilihnya secara bersamaan.

Tunggu hingga proses upload selesai.

proses upload file attachment ke email

11. Periksa kembali Alamat Email, Subjek, dan Konten

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, jangan buru-buru mengirim email.

Periksa kembali apakah alamat penerima, subjek dan isi email sudah benar.

Pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau ejaan.

Ingat, kesalahan sekecil apa pun dapat memengaruhi hasil aplikasi Anda!

12. Periksa kembali Ketentuan

Setelah memastikan tidak ada kesalahan penulisan pada alamat penerima, subjek, dan konten, periksa juga setiap file yang Anda unggah.

Pertama, klik salah satu nama file yang telah Anda unggah.

nama file terlampir di email

Buka filenya, pastikan bisa dibuka dan isinya cocok.

Jika sudah yakin, maka email tersebut bisa dianggap layak untuk dikirim.

Namun, jika ternyata ada file yang salah, Anda bisa menghapusnya dengan menekan ikon silang di sebelah kanan.

Selanjutnya, Anda dapat mengupload ulang dengan cara yang sama seperti langkah-langkah di atas.

13. Kirim Aplikasi

Setelah pengecekan selesai dan Anda yakin semua tulisan dan file sudah benar, Anda hanya perlu mengirimkan email.

Cukup klik tombol Send/Send (yang berwarna biru) dan tunggu beberapa saat untuk notifikasi bahwa email berhasil terkirim.

tombol untuk mengirim email

Apa selanjutnya?

Setelah email terkirim, Anda bisa berdoa agar lamaran Anda diterima oleh perusahaan atau instansi yang Anda tuju.

Anda dapat sering membuka kotak masuk email Anda untuk mengetahui apakah ada email balasan dari perusahaan.

Untuk memastikan lebih banyak lagi, Anda juga dapat memeriksa folder spam di email, siapa tahu email balasan ternyata ada.

Baca Juga : Contoh Surat Pengunduran Diri


Jika menurut Anda informasi ini bermanfaat, Anda dapat membagikannya kepada teman-teman Anda yang membutuhkan.

Dan jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Demikian, semoga bermanfaat!

Sumber : https://bocahkampus.com/cara-mengirim-lamaran-lewat-email

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *